Ringkasan Jurnal: OCEAN: A multi agent system dedicated to knowledge management
Minat industri dalam menggunakan metode untuk mengadakan kapitalisasi dan manajemen pengetahuan yang heterogen dan tersebar semakin kuat kususnya dalam mendesain produk kompleks dalam suatu perusahaan.
Pengembangan produk kompleks ini melibatkan banyak tim multidisiplin yang bekerja secara kolaborasi untuk mengambangkan produk yaitu:
- Mekanika
- Otomatisasi
- Desain
- Teknik
- Dan lainnya
Menyebabkan pengetahuan yang keluar sangatlah heterogen karena keluar dari sumber yang berbeda.
Karena pengetahuan yang berbeda, penting untuk mengembangkan suatu metode untuk mengelola data, informasi, dan pengetahuan serta bagaimana cara mendistribusikannya sepanjang jaringan perusahaan dengan perangkat lunak yang menghubungkan jaringan perusahaan. Pembentukkan dari knowledge management system sangatlah penting untuk perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya pengelolaan pengetahuan akan menimbulkan kekalahan kompetitif bagi suatu perusahaan. Pengetahuan biasanya heterogen dan disediakan dari informasi yang sumbernya berbeda-beda dan disebarkan ke seluruh jaringan perusahaan. Untuk membagi pengetahuan, kita butuh suatu sistem yang efisien untuk mengatur sumber informasi yang kompleks. Karenanya dibutuhkan multi agent system (MAS).
OCEAN adalah MAS yang bertujuan untuk mendukung proses knowledge management dengan empat fungsi yaitu:
1. Pendefinisian pengetahuan
2. Ekstraksi pengetahuan
3. Evaluasi pengetahuan
4. Penggunaan ulang pengetahuan
Tujuan dari knowledge engineering adalah untuk mengumpulkan, mempelajari, dan merepresentasikan pengetahuan. MAS menyediakan efisiensi untuk mendukung knowledge engineering berupa:
1. Mencari, mendapatkan, menganalisis, dan mengklasifikasi pengetahuan dari beragam sumber informasi.
2. Memberikan informasi pada manusia dengan mengkomputasi jaringan pengetahuan.
3. Memberikan pengetahuan yang berhubungan dengan pengetahuan teringegrasi.
4. Mempelajari knowledge management secara progresif.
MAS menggunakan ontologi untuk mendukung knowledge modelling. Ontologi adalah objek dari artificial inteligence yang menjadi tools konseptual dari knowledge modelling. Ontologi menyediakan dasar untuk membangun dan membagikan referensi dalam bentuk kosakata dan deskripsi kepada setiap agen dalam jaringan perusahaan.
Dalam pendekatan MAS, peneliti harus menghitung kemiripan diantara dua konsep untuk mengidentifikasi konsep yang mirip atau tidak dengan ontologi lainnya. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan knowledge dalam sistem informasi perusahaan. Teknik penyelarasan yang digunakan:
- Metode terminologi: Membandingkan label dari entitas yang bervariasi dengan melakukan korespondensi terhadap ketidaksamaan konten.
- Metode struktural: Menggunakan struktur internal (atribut, sifat transitif) dan eksternal (hubungan ontologi dengan entitas lainnya.
- Metode semantik: Digunakan untuk memvalidasi hasil penyelarasan dengan teknik deduktif dan memverivikasi validalitasnya.
Knowledge management system dalam perspektif organisasi/ perusahaan
Knowledge management system merupakan sebuah platform yang mendukung fungsi penciptaan, konstruksi, penataan, identifikasi, seleksi, visualisasi, distribusi, pemeliharaan, perbaikan, pengaksesan dan pengaplikasian. Knowledge maangement system menggunakan variasi teknologi yang didesain untuk meningkatkan penyimpanan pengetahuan dan transfer pengetahuan. Dalam setiap perusahaan, penting untuk mengaplikasikan strategi knowledge management untuk mendapatkan keuntungan. Platform OCEAN membantu ahli profesional untuk berkolaborasi dalam membagikan pengetahuan dari berbagai unit bisnis mereka ke dalam database yang dapat diakses oleh setiap orang pada perusahaan.
Dengan adanya platforn OCEAN, setiap ahli profesional dapat memvalidasi/mengevaluasi informasi yang ada dengan cara menyetujuinya, memodifikasinya, ataupun menolaknya dengan cara memberikan feedback pada sebuah informasi yang kemudian akan disimpan dalam file RFD sebelum disebarkan ke seluruh perusahaan. Tujuan utama dari sistem OCEAN adalah untuk mengatur knowledge yang heterogen dan terdistribusi yang datang dari banyak sumber informasi yang berbeda dapat digunakan oleh setiap orang dalam perusahaan. OCEAN secara permanen mengevaluasi informasi untuk menghapus informasi yang sudah usang maupun tidak relevan lagi.
MAS OCEAN tersusun dari tiga kelompok agen yaitu:
1. Ontologi yang bertugas untuk membantu proses pembangunan ontologi lainnya.
2. Interpreter atau penginterpretasi yang berfungsi untuk mengumpulkan knowledge.
3. Announcer atau penyiar yang bertujuan untuk menyebarkan dan membagikan pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar